Jumat, 18 Mei 2018

SURAT LAMARAN & WAWANCARA KERJA


SURAT LAMARAN & WAWANCARA KERJA
SURAT LAMARAN
Surat lamaran adalah surat yang digunakan untuk melamar pekerjaan.

  1. Prinsip-prinsip Surat Lamaran Kerja
  1. Daya Tarik (Attraction).
Ø  Kemaslah surat lamaran kerja dengan sampul surat yang bukan warna cokelat (ekslusif).
Ø  Lampiran yang diserahkan sewaktu melama pekerjaan antara lain :
1.      Lembar surat lamaran
2.      Cv
3.      surat keterangan
4.      fotokopi ijazah
5.      kartu identitas
6.      transkrip nilai
7.      sertifikat-sertifikat
8.      foto
Dari 8 di atas, sebaiknya dijilid dengan rapi. Bahasa surat yang menarik, sopan, dan efektif

          b.Perhatian (Attention)

Ø  Kemukakan dalam surat lamaran kerja bagaimana cara Anda mendapatkan informasi lowongan kerja dan apa alasan ketertarikan Anda pada posisi tersebut.
Ø  Yakinkan penerima lamaran kerja bahwa Anda memiliki sesuatu yang bermanfaat. Perkenalkan ide-ide yang membuat pembaca antusias untuk memperhatikan tulisan Anda.

         c.Tindakan (Action)

Ø  Diharapkan penerima lamaran kerja dapat menindak dan memutuskan sesuatu yang Anda harapkan.
Ø  Kemukakan bahwa Anda berharap lembaga atau perusahaan dapat memberi kesempatan kepada Anda untuk melakukan wawancara kerja.

2.      Pengorganisasian Surat Lamaran Kerja

Terdapat tiga bagian utama penulisan surat lamaran, yaitu paragraf pembuka, paragraf isi, dan paragraf penutup.

a.       Paragraf Pembuka
ü  Awalilah dengan kualifikasi yang Anda miliki dan yang paling sesuai dengan jabatan yang diinginkan.
ü  Jelaskan bahwa kualifikasi tersebut akan menguntungkan atau memberi manfaat kepada lembaga.
ü  Anda juga dapat mengawali surat lamaran kerja dengan menyebut sumber publikasi, misalnya rekan kerja, surat kabar, majalah, radio, televisi, atau internet.

b.      Paragraf Isi
ü  Anda dapat mempromosikan diri Anda pada paragraf isi.
ü  Perkenalkan diri Anda dan tunjukkan bahwa Anda mempunyai latar belakang pendidikan yang relevan dengan jenis pekerjaan yang ditawarkan.
ü  Untuk memperkuat kualifikasi Anda, nyatakan secara jelas sikap, minat, kualitas, dan aktivitas berbagai pekerjaan, kegiatan yang pernah Anda lakukan, terutama yang berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

c.       Paragraf Penutup
ü  Anda dapat mengemukakan harapan dan tindakan yang Anda inginkan.
ü  Beri tahu dengan jelas keinginan Anda untuk melakukan wawancara sesuai dengan waktu yang disediakan lembaga.
ü  Berikan alamat jelas, nomor telepon, faksmile, dan e-mail yang Anda miliki
Berikut ini contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar :

3.      Resume (Curriculum Vitae)

Dalam pengertiannya, Riwayat hidup adalah catatan singkat tentang gambaran diri seseorang. Selain berisi data pribadi, gambaran diri itu paling tidak harus di isi keterangan tentang pendidikan atau keahlian dan pengalaman. Resume (CV) merupakan laporan perincian kualifikasi pelamar yang kehadirannya tidak dapat dipisahkan dari surat lamaran kerja.
ü Kemukakan poin-poin penting, dimulai dari tujuan karier, informasi pribadi, pendidikan, penguasaan bahasa asing, prestasi, dan referensi.

ü Perhatikan kerapian, kesederhanaan, keakuratan, dan kejujuran.

ü Gunakan bahasa yang jelas dan tidak bertele-tele.

ü Isi riwayat hidup dapat dikelompokan dalam empat sampai lima subjudul.
Data Pribadi
Yang perlu dicantumkan dalam data pribadi yang terpenting saja. Data pribadi dalam riwayat hidup meliputi nama, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, status perkawinan, jati diri (nomor KTP) dan alamat (domisili pada saat melamar).

                 Pendidikan
Dimulai dari pendidikan terendah sampai pendidikan tertinggi, jika ada pendidikan non formal, dahulukan pendidikan formal tertinggi dahulu.

Pengalaman Bekerja
Untuk pelamar yang telah mempunyai pengalaman bekerja dapat menyebutkannya dalam riwayat hidup. Pengalaman tersebut disusun secara chronologis, masing-masing dimulai kapan bekerja ( dari tahun berapa sampai tahun berapa , menjabat sebagai apa, dimana dan mengapa berhenti dari tempat itu ( apabila pelamar berhenti secara baik).

Keterangan Lain
Data yang tidak dapat dimasukan ke dalam subjudul yang sudah ada, dapat dimasukan ke dalam subjudul keterangan lain ini. Data yang masuk ke dalam keterangan lain adalah sesuatu yang tidak diperoleh melalui pendidikan formal. Keterangan yang dicantumkan hendaknya yang ada hubungannya dengan bidang yang dilamar.

WAWANCARA KERJA

1.      Persiapan Wawancara
a)      Bagian Pembuka
        Datanglah tepat waktu, berpakaian rapi dan sopan, bersikap yakin dan tenang, ketuk pintu sebelum memasuki ruang wawancara, ingat nama pewawancara dan tersenyumlah.
Jangan duduk sebelum dipersilahkan, jangan membungkuk atau menundukan kepala, jangan melipat tangan, jangan mengulum permen, jangan membuka pembicaraan, dan jangan tersenyum terus-menerus.

b)      Bagian Isi
            Ketika pewawancara mulai memberikan beberapa pertanyaan, jawablah dengan baik. Perhatikan intonasi, volume, dan artikulasi suara. Bicaralah dengan jelas, atur nada suara, dan tunjukkan kemampuan diri Anda dengan percaya diri. Dukunglah jawaban-jawaban Anda dengan bahasa tubuh.
      Jangan memotong kalimat pewawancara, jangan emosional, jangan memberikan informasi yang tidak relevan, jangan mengkritik, jangan membuka rahasia perusahaan, dan jangan membual.
  
c)      Bagian Penutup
           Ucapkan terima kasih kepada pewawancara atas waktu yang telah disediakan pewawancara untuk Anda. Akhiri dengan pernyataan berupa harapan untuk memperoleh keputusan sesegera mungkin.

              Pertanyaan – pertanyaan yang biasanya di tanyakan pada saat wawancara kerja :
  1.   Siapakah diri Anda? Silakan memperkenalkan diri Anda!
  2. Mengapa Anda tertarik bergabung dengan perusahaan ini?
  3. Mengapa Anda ingin meninggalkan pekerjaan saat ini?
  4. Ceritakan pengalaman Anda di perusahaan / organisasi!
  5. Bagaimana cara mengatasi situasi sulit yang pernah Anda hadapi di perusahaan sebelumnya?
  6. Apakah kelebihan dan kekurangan Anda?
  7. Bila Anda menghadapi masalah dengan bawahan/rekan kerja yang sulit diatur, bagaimana sikap Anda untuk menghadapinya?
  8. Apa harapan Anda pada lima tahun yang akan datang tentang pekerjaan, jabatan dan penghasilan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar